Tuesday, August 19, 2008

Priyayi Keprabon vs Priyayi Tipes

Priyayi Coffe N Cakes daerah Keprabon vs Priyayi Coffe N Cakes Daerah Tipes



kali ini gw pengen ngebahas tempat ngopi yang akhir akhir nie sering gw kunjungi...
namana Priyayi Coffe N cakes....
di solo ada dua sich..





Yang petama di daerah Keprabon or masih se gang ama Soto Triwindu...
Buka nya 24 jam..jadi kalian gak perlu khawatir mau ngopi kapan aja...Karena gw liat tempat ngopi di solo kebanyakan mulai buka sore hari...Dan karena keinginan ngopi bisa datang kapan aja,,,jadi nya ya aku sering ke Priyayi...Di Priyayi Keprabon kita bisa sering lihat bule yang mampir ke sana...or dalam sejarah gw ke sana emang selalu ketemu ama bule bule...Gak tau kenapa juga bule bule itu lebih memilih ke Priyayi Keprabon..Atau mungkin emang karena di sekitar daerah Mangkunegaran emang sering kita lihat bule bule berkeliaran di pinggir jalan...huuhu....
Dan yang gue lihat si bule bule teresebut kebanykan makan n minum doang...trus cepet cepet pergi....Beda ama gw ma teman teman yang emang suka nongkrong di tempat kopi...Gw suka bgt bau harum kopi...gw juga suka suasana yang adem n gak terlalu rame kayak mall...yang tentu aja bisa jadi tempat nongkrong yang enak...
Di Priyayi Keparbon gw punya minuman faforit..Namana IceCoffe Caramell...enak....bisa bener pait bisa juga terlalu manis...Tinggal gimana caralu minumnya ajah...
Priyayi,,,baik daerah eprabon maupun daerah Tipes punya cri khas yang sama...Yaitu suasana yangkejawen jawa gitu...Jadi jangan harap lu duduk di kursi empuk yang biasa lu dapetin di tempat kopi yang bernuansa modern...Jadi jarang lu dapetin orang yangnongkrong lama lama di Prityayi Keprabon..karena emang tempatnya yang minimalis...
Menu yang disuguhkan ternyata berbeda lho!!!!gw pikir sebelumnya sama ajah....Menu di Priyayi eprabon menirut ku lebih rapi dalam hal racikan kopinya yang emang bener bener halu..gw gak bisa yah kalo' disuruh nerangin gimana pembuatnnya...karena gw gak tau dan gak mo tau...yang gw tau cuma rasa yang gw rasain...dan setiap minum kopi di Priyayi Keprabon gw ngrasain kopi yang emang bener bener halus rasanya...
Jadi gw gak kaget juga waktu bayar gwdisuruh bayar juga 10% pajak dan 5 % servis....hmmm...pajak sich udah biasa...tapi servis????nice...nice....emang servis dari kopiyang gue minum selalu bikin gw puas...jadi gak papa...
Oya kalo kalian ke Priyayi Keprabon pasti kan ada lukisan lukisan gitu....Salah satu frame nya ada foto Pak Bondan yangterkenaldengan sebutan "Mak Nyus" it lho....Dan gak salah kenapa Pak Bondan memilih Priyayi Keprabon dibanding Priyayi Tipes...
Interionkejawen yang dikasih ama Priyayi Keparabon sampe juga ke ruangan yang dinamakan "toilet"....lucujuga ak mandi yang bentuknya kuali dari kayu...Dan sebenernya agak ribet juga gayng yang terbuat dari batok kelapa...tapi panjangnya yang sepanjang pemukul itu yang bikin ribet....
Dan sepertinya Priyayi Keprabon perlu berbeneh diri buat urusan hiburan yang bisa dinikmati ama pengunjungnya...gak ada majalh....apa lagibuku...yang ada cuma koran....males bgt gw baca koran...hehhe...gak ada maenan kayak catur,,kartu atau apalah...oyatidah ada shisa juga....welll...ada kelebihan ma kekurangan itu wajar....








Yang kedua Priyayi Coffe N Cakes daerah Tipes.....
Alamatnya tu di depan LBBP Pratama Mulia yang sering disebut LIA....dekat SMA 7 Surakarta lah....Ada 3 tempat ngopidi situ dan semuanya bersebelahan...Semuanya tentu aja punyakonsep yang berbeda..dan karenakali ini gw mo bahas Priyayinya..jadigw rasa gak perlu bahas yang lain dulu...
Well...sampe nmana tadi????
Konsep yang dihadirkan Priyayi Coffe N CAkes Tipes sama aja ama Priyayi Coffe N CAkes di daerah Keprabon...Yaitu tema kejawen atau Ke jawa awaan gitu lah....
Tempatnya lumayan agak gede kalo' dibandingin Priyayi Tipes....Tempatnya lumayan asik...Yah agak gelapgelapan lah...enak juga buat pacaran di situ....Dan sayangnya gw belum pernah punya pacar yang suka ngopi kayak gue....jadi yah belum penah pacaran di Coffe Shop...hohohoho....
Jadi kalo' kalian pengen pacaran....Priyayi Coffe N Cakes Tipes enak juga buat ngobrol2 lama...
Menu yang ditawari kalo'gw bole bilang lebih enakan yang daerah Keprabon...karena racikannya asik n enak...gak asalasal nyampur kopiyang lu jual....Contohnya aja gw bis nyoba Kopi "Nyeleneh"....dari judulnya aja gw sebenere dah ilfill...dan setelah gw rasain emang bener bener bikin ilfill dan bikin gw mikir tu orang yang meramu kopi nya emang nyleneh2 ajah...huhuhuhuhOkey....menunya gak sik...
Yang asik emang tempatnya ajah sich....
Dan gw sempet ilfill juga pas masuk toiletnya yang bakalan bikin lu ngrasa lu gak lagi di coffe shop....bener2 bikin lu kayak di dunia laen...itu yang aneg bilang ma gw....
Soal hiburan ang disuguhkan emang komplit juga sich....ada sisha....ada banyak majalah....ada banyak karya sastra..hmmmm,,,i like it....ampe buku panduan diet[huhuhu].....ada komik uga walo komik Indonesia terbitan 1981,,,gw belum lahir yang pasti....hehehe....Ada kartudan alat caturjuga....Jadi tempatnya nice buat kalian kalian yang pengen nongkrong lama lama di sana...
Oya ada perbedaan lagi di bagian pajak 10% dan servis 5%....dan gw sebenerelebih milih bayar task n servis...yang penting gw ngrasa puas ngopidi sana....well...mungkin ada pertimbangan lain....
Cukup segini ajaperbandingan Priyayi Tipes maPriyayi Keprabon yang bisa gw kasih...

Salam

~Bik-Dei~

Monday, August 18, 2008

Iklan Politik Soetrisno Bachir

Sabtu, 16 Agustus 2008 00:29 pm
Selamat siang….
Emm…belum mandi,,,aku pun masih berkelesotan di epan televisi..Jam segini ini jam nya berita berita.
Oya,,sebelumnya aku pengen ingetin kalian semua bahwa besuk itu kita semua sebagai warga Indonesia yang baik akan memperingati 63 tahun kemerdekaan…
Stasiun yang aku tonton itu SCTV..
Berita nya sich ya biasa biasa berita gitu.Dari politik,sosial,hukum,pelanggaran, maupun berita berita ringan lainnya…
Yang bikin aku tertarik kemudian menyalakan kompi buat tulis ini semua itu adalah berita tentang “iklan politik”
Buat lebih jelasnya lagi iklan politik yang pengen gua bahas di sini itu iklan politiknya Soetrisno Bachir,,ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN)..
Tau donk iklan nya yang mana????
Kalo’ kemaren kemaren iklannya itu yang memperlihatkan bertapa kayanya bangsa Indonesia.Apalagi kalo’ dikelola oleh orang yang punya semangat tinggi untuk merubahnya.Maksud nya sich si dia Seotrisno Bachir tersebut.Tapi tetntu saja hal tersebut dibuat se “samar” mungkin.Kan tau ndiri kalo PEMILU Presiden Dan Wakil Presiden itu masih lama..Masih pertengahan Tahun depan.Jadi masih lama lah…Dan tentu saja karena masih setengah tahun lebih berarti belum ada dong yang namanya kampanye kampanye segala.Nah kalo’ begitu namanya iklan politik tersebut apa dong????Mencuri start kampanye…maybe…
Nah yang jadi pertannyaan kenapa hal tersebut di diemin ajah yah ama Pemerintah kita????hmmm…apa karena ada faktor X laen???i dunt knuw…

Nah….berita yang gw tonton tadi sich gak ada sangkutannya sama sekali sama aturan hukum dan segala tetek bengek peraturan apa pun.Yang pengen gw bagi ama kalian semua adalah….tokoh tokoh yang ada dan dicontohkan sama Si Soetrisno Bachir di iklannya….

1. Firman, Pengusaha ketela “Ketela Krezzz”…yang omset bulannya mencapai 2M..bayangkan 2M….dengan 500 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
2. Anak SD yang mengharumkan nama bangsa kita di kancah dunia Internasinal karena menjadi pemenang dari olimpiade matematika …well…hebat!!!!dan kenapa sich yang menang lomba tingkat dunia itu kebanyakan anak anak dari ras China yang tinggal di Indonesia????keapa gak anak anak Indonesia asli????emmm,,,itu PR buat kita semua.
3. Suster Apung..Namanya suster Rabiah…dia mengabdikan dirinya di daerah Sulawesi…pengorbanannya untuk membantu orang begitu tinggi…


Nah kita semakin dekat dengan apa yang ingin gw bahas di sini…
Menurut Berita Lupitan 6 Siang hari sabtu 16 Agustus 2008 yang baru gw tonton,,,susuter Rabiah memberikan pernyataan bahwa dirinya “sebenarnya tidak diikuttkan dalam iklan politik milin Soetrisno Bachir tersebut”
Suster Rabiah mengataka bahwa dirinya hanya diberitahukan sebelum pembuatan iklan bahwa iklan yang akan dia bintangi itu adalah IKLAN LAYANAN MASYARAKAT…
BUKAN IKLAN POLITIK SOETRISNO BACHIR…
Suster Rabiah juga mengatakan dia sama sekali tidak mengenal Soetrisno Bachir.Apalagi berkecimpung dalam dunia poltik dan perpartaian PAN..
Suster Rabiah juga menuntut agar iklan tersebut segera dicabut dan tiudak ditayangkan kembali karena beliau keberatan dirinya dijadikan icon iklan politik…
Nah loh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Buat Bpk.Soetrisno Bachir,,,tanpa menurangi hormat atau apapun…saya ingin tanya…
“Kok kalo’ mo buat iklan politik yang menampilkan sosok tertentu belum kenalana dulu lah minimal gitu????”
Hmm,,,,emang dalam iklan politik Soetrisno Bachir yang versi Susuter Apung gak ada adegan Soetrisno Bachir berjalan bersama lalu bergandengan tangan…heheheheheheheheheheheeh…gimana yak rasanya bergandengan ama politikus????
Jadi mungkin jelas kalo’ sebenernya kalo’ Soetrisno Bachir TIDAK KENAL sama Suster Rabiah.
Dan waktu dimintai keterangan oleh wartawan,,Soetrisno Bachir berkilah bahwa dia tidak mengetahui bagaimana pembuatan iklan tersebut karena hal tersebut merupakan urusan dari biro iklan..
Mungkin bisa kita ambil garis merah dari cerita gw di atas….
Bahwa…….
Ikalan ya iklan….ya kayak yang dibilang Soetrisno bachir bahwa itu urusan biro iklan…Padahal sebenernya iklan tersebut kan punya banyak manfaat dan akan mendatangkan banyak manfaat juga….
Tapi ternyata iklan ya iklan ….yang ada ya baik baiknya ajah…
Kurang rasa pertanggung jawaban dari apa yang diperlihatkan kepada semua penonton televisi di Indonesia….maybe memang kurang tanggung jawab…
Dan yang pengen gw kritik lagi….setahuku….anak anak tiak diperbolehkan untuk iklan politik…itu eksploitasi terhadap anak…
Tapi ternyata ada pertimbangan tertentu dari si biro iklan dan yang memesan iklan tu sendiri…
Oyah,,,gw juga mo bilang tentang “Hidup adalah Perbuatan” yangmenjadi selogan dalam setiap iklan politik Soetrisno Bachir….emm,,,,menurut ku kisah sukses seseorang tidak bisa diulang lagi leh orang lain kalo’ Cuma pake suatu kata kata yang sebelumnya milik orang lain….
Gak papa juga sich….



Salam

~Bik-Dei~

Friday, August 15, 2008

Nggon NGOPI

emmmm,,,,,aku suka banget atau bisa dikatakan terlalu suka yang namanya ngupi ngupi...
Dan selalu semangat kalo ngomongin kopi....
Jadi di sini aku pengen bahas KOPI...emmm....mungkin ruang lingkup diperkecil menjadi nggon ngopi a.k.a tempat buat ngopi ngopi....
jadi aku mau bahas berbagai tempat KOPI di Solo dan kopi apa aja yang bikin aku kangen n berkesan...

1.Kopi Ku PAs
beralamat [emm,,,gw gak perlu tulis jalan yak???]...yang jelas di depan LPBB Pratama Mulia atau yang lebih akrab disebut LIA...
gw pertama kali ngopi di sana bareng Fajar,,temen yang emang demen juga ama ngopi..atau sebenernya gak begitu demen yak???yang jelas dia mau jelasin apa aja yang pengen gua tahu..Pertama kali dateng ke KUPAS,, gw pesen Strawberry Coffe...DOGOL>>>DUDUL>>>BEGO<<<
Ngapain gw pesen stawberry coffe?????rasanya gak enak gila.gw yang pengen ngopi jadi gak ngrasain kopi itu sendiri..Bis nya aku demen aja liat warne merah strawbeerry yang ada di gambar menu yang dikasih...heheh...
Dan hari hari selanjutnya gw lewatin ngopi bareng temen temen gue,,MiRIS..Karena pacar gw wakltu itu gak suka kopi...[kok iso ya?????ada orang gak demen kopi blas!!!????sampe sekarang aku masih bertanya tanya...]
Dan coffe yang bikin gue inget terus itu Rum Coffe...agak pait gitu..anget...dan gak tau yah???agak keras juga deh..gw gak pernah ngerti,apal,atau mau tau apa aja yang dicampur di kopi gw.Gw cuma demen minumnya ajah..dan rasa itu gak pernah gw lupain...terus apa lagi yak????coffe latte nya manis...yaiyalah manis!!!!!tapi biasa aja sich.Dan yang aku suka lagi ama Cappucino.menurutku itu minuman yang mudah disukai ama semua orang....yah karena rasanya yang mudah akrab di lidah semua orang.Dan mbak siapa yah itu selalu menaburkan bubuk apa itu namanya yang di cappucinno..[Q nge blank lagi deh...].pokoknya itu lah.Dia selalu membuat pola hati buat aku...hehehehe...atau emang buat semua orang yah???Menurut ku peracik kopi yang baik gak akan memendang sepele dalam menaburkan bubuk buat si capuccino tersebut...
Dan Kopi Ku pAs ini termasuk tempat kopi yang udah lama juga di solo..Mulai ditingglkan karena banyak tempat kopi lain yang terlihat lebih menarik..Kopi Ku pAs Mulai buka jam 2 siang ampe tengah malem...
2. Priyayi Coffe n Cakes
Ada dua sich sebenere..yang satu beralamat di sebelah Kopi Ku pas..gw sih belum penah ke sana...bellum ada feel ajah...Yang gw datengin tuh Priyayi yang ada di sekitar Slamet Riyadi.Dan jangan penah tanya nama jalannya.Aku kan bukan peta yang hafal semua nama jalan.YAng jelas kalo lu orang Solo or tanya aja ama orang Solo pasti tau yang namanya SOTO TRIWINDU...kagak ada hubungannya sich...cuma Priyayi yang gw maksud se gank ama soto tersebut..Jadi silakan mencari cari.maap yah...hohoh...
Dan minuman yang palin gw demen...rasanya nampol abis dah...namana Ice Coffe Caramel..yang kebetulan poto gw ma coffe caramell gw pampang di atas...hehehe...rasanya gimana yah????BIKIN KANGEN!!!!!jadi seminggu sekali sekarang harus mampir priyayi buat minum kopi itu.Rasane manis kalo langsung lu aduk jadi satu.kalo gw sich milih gak gw aduk dulu.Jadi tar gw bakan ngrasain sensasi gradasi perubahan rasa pahit ke manis ke pahit lagi.Cuz yang terlalu manis jadi terasa pait lagi gitu...hehehe...aku langen lagi kan?????huhuh....dan ni tempat udah buka dari pagi hari....banyak bule bule juga yang sering kita jumpai di sini...
3.Solopuccino
beralamat di Manahan...yang belakang dekat rell sepur a.k.a kereta api..hohoho...tempatnya enak lho!!!!cuma toiletnya agak mengecewakan...diperbaikin dnk!!!moga aja udah yak???dah lama juga gak ke sana...hmmm...apa yang menarik????kalo di solopuccino yang penting mesen yang ada es krim nya....manis dan bikin hati seneng..selebihnya gak ada yang jadi paporit.Bukanya sore menjelang malem gitu...
4.Kedai Kopi
Belum penah ke sana gara gara pas lewat gak tertarik ke sana...alamatnya masjid Solikin ke barat dikit...
5. BISTRO
Alamtnya sich di Solo Square.jadi kalo tu mall dah buka berarti Bistro juga udah buka...tempatnya emang asik..bisa liat pemandangan jalan Slamet Riyadi dan lalu lalang orang di Solo Square..gw baru sekali sich ke sana...harganya emang agak sedikit mahal jika dibandingkan tempat yang gw sebutin sebelumnya..dari empat kopi yg gw coba gak ada yg paporit gw.Pas itu gw pesen Coffe caramell juga..tapi bentuk,,rasa,penampilan gak seenak yang gw minum di Priyayi...jadi kecewa d....
6. Green House
Artinya rumah hijau...gw kita dulu nie tempat ngopi yang banyak taneman..tapi ternyata buku...Buka mulai jam 4 sore...gw ke sana baru ajah...dan sendiri...suatu sore yang pengen gw lewatin sendiri ajah....gw pesen coffe latte...manis yang bikin gw jadi agak tersenyum dan seneng seharuse...karena bukannya coklat punya energi positip buat kita???tapi ternyata enggak...biasa ajah...tuwir rasanya...gw lewatin sambil baca buku Supernova PETIR yang emang belum selese selese gw baca..Gak tau yak???kenapa aku gak pengen cepet2 selesain baca.Padahal biasanya baca cepet bgt...dan kali ini juga gak ada yang paporit
7. Coffe Corner
beralamt di depat distro Hoofd..tau kan???masa' gak tau????
buka mulai jam6 sore kalo hari biasa.Tapi jam 7 malem kalo sabtu minggu....
tu tempat bgupi baru gitu...dan gw ke sana setelah gw ke Green House sebelumnya..masih dengan keinginan ngopi tampa satu pun...
Di sana gw minum cappucino...pilihan yang biasa bgt yak????
dan yang bikin gw kecewa gw gak liat tabutan di atas capuccino yang berbentuk hati yang selalu gw dapet di Kopi ku Pas...hmmm...yang bikin kan emang beda....
Dan abis itu....gw muntah muntah di rumah....minum dua kopi sebenernya sudah cukup menbuat aku kuras perut atau yang lebih parah masuk RS..gw punya tipus and maag yang agak parah juga....
8. Exxellso
di Solo Square...pengen...jadi hayuk ke sana!!!!!sapa yang mau????
9.Kantin Hukum
AKu gak pernah pesen minuman apapun selain coffemix atai air mineral...karena emang cuma dua minuman itu yang aku suka...
Jadi aku selalu order " Buk,,,coffemix panas gelas kecil"
Jangan pernah mesen coffemix dingin...rasanya gak enak bgt...gak ada kopi kopinya blas...dan jangan pernah pesen pake gelas gede ala kantin kantin dan warung lainnya...pesanlah pake gelas kecill...biar dikit,,,tapi lumayan lah rasanya...
Dan selalu berhasil membuat mata melek lagi buat kuliah...
hwhehehe
sekian dulu yak!!!!


Salam
~Bik-Dei~