Skip to main content

Keadaan dan Masa

keadaan dan masa
hal yang menuntut kita untuk berpisah
terpisah oleh jarak dan waktu
entah sementara atau selamanya
tapi aku tahu
dibalik semua itu
kita menjadi tegar dan kuat


dicuplik dari surat sahabat 31 Januari 2006


Sumber Gambar :  http://goo.gl/aztlZ
Keadaan dan masa.
Kalau boleh saya mengartikan, keadaan adalah suatu kondisi terkini dari seseorang atau beberapa orang yang ikut mengalami.
Sedangkan masa adalah satuan waktu yang kurang begitu jelas batasannya dari mana sampai mana.







Puisi atau sekedar coretan kata-kata bercetak miring di atas, saya ambil dari penutup surat dari salah satu teman terbaik saya. Ya benar-benar surat tulis tangan pada 2006 lalu. Mengapa surat tulis tangan? Padahal sepertinya pada tahun 2006 kami sudah cukup mahir menggunakan surat elektronik (email) dan berbagai akun jejaring sosial (social media) yang booming waktu itu.

Pada masa itu, saya dan si teman berpisah. Memang tidak terlalu jauh jaraknya (dalam arti sebenarnya/realitas) dan kami berjanji untuk saling berskirim surat. Bisa diketik atau tulis tangan. Jadikan surat-surat itu buku harian (diary) yang akan dibaca teman lain dan dikirim balasannya. Dan hal itu intens saudara-saudara!! Hampir tiap minggu kami bersurat-suratan dan saya sebagai orang yang ada di Solo bertugas mengambil surat, membagikan surat-surat ke teman-teman lain, dan nagih balasan dari teman-teman lain. 

Sekarang sudah tidak seperti itu tentu saja, di mana komunikasi menjadi lebih mudah tapi instan.hehe. Keadaan dan masa yang telah berubah. Eits! Tunggu dulu, bukan berarti saya sudah tidak berteman baik dengan teman saya itu. Tapi lebih karena memang 'mungkin' hal seperti itu sudah tidak diperlukan lagi.

Sedikit goresan puisi dan cerita di atas sebenarnya hanya prolog. Ya saya suka bertele tele ya? Tidak langsung menuju ke sasaran apa sebenarnya yang akan dibahas di sini. Tapi jujur, saya suka sekali ketika orang menjadi berpikir. Berpikir mundur, berpikir maju, menerka, menebak, membuat hipotesa, kembali ke detik sekarang, dan menemukan jawabannya.

Kalau anda saya tanya sudah ada berapa keadaan dan masa yang terkenang benar di hati atau pikiran anda? Saya sangat yakin anda tidak mungkin bisa menjawab nilai pastinya. Dan kalaupun anda bisa menyebutkan beberapa, pasti ada juga beberapa lain yang nyelip, ketlisut, atau terlupakan.

Keadaan dan masa itulah yang akhirnya menggiring manusia untuk selalu berubah. Entah berubah menjadi lebih baik atau berubah menjadi lebih buruk. Satu hal yang pasti, "perubahan itu yang sesuai dengan keadaan dan masa yang sedang dijalani" Ebik Dei_ 2012.

Everyone changes. Everyone makes changes. 
Nothing is eternal. The eternal is change itself.

Silahkan anda semua berubah sesuai dengan keadaan dan masa anda. Tapi tetap selalu gunakan hati anda. Kenapa hati? Karena mungkin logika selalu bisa menentukan mana yang benar atau tidaknya. Tapi hati mungkin bisa membantumu menuju apakah hal itu baik atau tidak.
Selamat pagi dan menikmati kopi.


Salam,
~BikDei~



Comments

  1. Tetep kudu bayar royalti kata ketlisut ke aku lho ya :D

    ReplyDelete
  2. bisa minta tolong tunjukan nomer pendaftaran HAKI nya?:)))

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bagus ijin nyimak nih gan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa minta tolong dijelaskan di mana sisi bagusnya gan?

      Delete

Post a Comment

Thanks for your comment

Popular posts from this blog

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Pentingnya Identitas Diri

Surabaya, 1 November 2015

Selamat malam pembaca . Btw, masih adakah pembaca blog ini setelah setahun lebih tidak dibuka.
Well, pertama saya ucapkan terima kasih untuk koneksi gratis kost baru saya dan kepusingan menjelang ujian proposal tesis saya besok sehingga membuat saya kembali menulis di sini.

Hmm....topik apa yang menarik hari ini? Biar kita mulai dari udara.

Belajar Menggambar

Ada satu beberapa benda yang selalu saya temui di Toko Buku Gramedia (Jln.Slamet Riyadi) yang tidak mungkin bisa saya beli.Benda benda tersebut adalah lukisan anak anak SD yang dipampang di tangga yang menuju lantai dua Gramedia tersebut.

Yup....
Hanya sebuah lukisan gambar anak anak SD.Apa menariknya??
Menarik karena samapi kapanpun saya tidak akan pernah bisa membuat gambar seperti itu.

Dan sangat kebetulan,ketika saya membersihkan kamar dan menemukan 'harta' saya ketika masih muda.hehe.
Benda tersebut adalah pensil warna dan cat air.
Dengan membeli sebuah buku gambar 20 x30 cm saya siap belajar menggambar!!!!!




Menurut info yang saya dapet dari Wikipedia, Menggambar adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Dan menurut saya, Menggambar adalah hal yang mustahil untuk saya lakukan.Entahlah mungkin tangan saya tidak mempuny…