Sunday, November 11, 2012

Hukum Perjanjian Kontrak karangan Lukman Santoso



  • Judul            : Hukum Perjanjian Kontrak : Panduan Memahami Hukum Perikatan & Penerapan Surat Perjanjian Kontrak
  • Karangan     : Lukman Santoso
  • Penerbit        : Cakrawala
  • Bahasa          : Bahasa Indonesia
  • Halaman        : 236 halaman
  • Terbitan        : Tahun 2012
  • Harga            : Rp 35.000,00


Buku yang membahas Hukum Kontrak ini saya beli beberapa hari lalu di Toko Buku Gramedia Slamet Riyadi, Solo. Seperti judulnya, buku karangan Lukman Santoso ini berisi panduan memahami hukum perikatan dan penerapan surat perjanjian kontrak. Menjelaskan risiko, wanprestasi, dan keadaan memaksa dalam perjanjian, urgensi perjanjian dalam aktivitas bisnis, surat kuasa dalam perjanjian kontrak. Dilengkapi juga contoh-contoh perjanjian jual-beli, perjanjian sewa-menyewa, perjanjian kerjasama, perjanjian kerja, perjanjian tukar menukar, pinjam meminjam, hutang piutang dan gadai, serta contoh surat kuasa.

Buku ini cocok bagi mahasiswa S1 Hukum yang menempuh mata kuliah perancangan kontrak  ( contract drafting). Sangat berguna juga buat lulusan sarjana hukum ( yang bekerja sesuai dengan ilmu hukum :D ) seperti legal, juris, atau profesi hukum lain. Cocok juga buat mahasiswa yang menempuh S2 Kenotariatan.

Sebenarnya secara esensial, semua yang ditulis Lukman Santoso sudah saya temui di bangku S1 Hukum. Sudah ada juga beberapa contoh surat kontrak hasil bekerja sebagai legal staff probadi salah seorang penguasaha Solo. Lalu mengapa saya masih membeli buku ini? Karena isinya simple dan mudah dipahami. Sebenarnya yang ditulis Lukman di bukunya ini mudah ditemui juga di situs pencari Google dengan mengetikan kata kuncinya. Namun saya teringat perkataan seorang partner kerja saya dulu, untuk masalah data hukum itu cobalah kamu punya yang tertulis dan asli. Metode konvensional tapi yang paling aman.hehe. 

Salam,
~BikDei~

No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment