Skip to main content

Hukum Perjanjian Kontrak karangan Lukman Santoso



  • Judul            : Hukum Perjanjian Kontrak : Panduan Memahami Hukum Perikatan & Penerapan Surat Perjanjian Kontrak
  • Karangan     : Lukman Santoso
  • Penerbit        : Cakrawala
  • Bahasa          : Bahasa Indonesia
  • Halaman        : 236 halaman
  • Terbitan        : Tahun 2012
  • Harga            : Rp 35.000,00


Buku yang membahas Hukum Kontrak ini saya beli beberapa hari lalu di Toko Buku Gramedia Slamet Riyadi, Solo. Seperti judulnya, buku karangan Lukman Santoso ini berisi panduan memahami hukum perikatan dan penerapan surat perjanjian kontrak. Menjelaskan risiko, wanprestasi, dan keadaan memaksa dalam perjanjian, urgensi perjanjian dalam aktivitas bisnis, surat kuasa dalam perjanjian kontrak. Dilengkapi juga contoh-contoh perjanjian jual-beli, perjanjian sewa-menyewa, perjanjian kerjasama, perjanjian kerja, perjanjian tukar menukar, pinjam meminjam, hutang piutang dan gadai, serta contoh surat kuasa.

Buku ini cocok bagi mahasiswa S1 Hukum yang menempuh mata kuliah perancangan kontrak  ( contract drafting). Sangat berguna juga buat lulusan sarjana hukum ( yang bekerja sesuai dengan ilmu hukum :D ) seperti legal, juris, atau profesi hukum lain. Cocok juga buat mahasiswa yang menempuh S2 Kenotariatan.

Sebenarnya secara esensial, semua yang ditulis Lukman Santoso sudah saya temui di bangku S1 Hukum. Sudah ada juga beberapa contoh surat kontrak hasil bekerja sebagai legal staff probadi salah seorang penguasaha Solo. Lalu mengapa saya masih membeli buku ini? Karena isinya simple dan mudah dipahami. Sebenarnya yang ditulis Lukman di bukunya ini mudah ditemui juga di situs pencari Google dengan mengetikan kata kuncinya. Namun saya teringat perkataan seorang partner kerja saya dulu, untuk masalah data hukum itu cobalah kamu punya yang tertulis dan asli. Metode konvensional tapi yang paling aman.hehe. 

Salam,
~BikDei~

Comments

Popular posts from this blog

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Pentingnya Identitas Diri

Surabaya, 1 November 2015

Selamat malam pembaca . Btw, masih adakah pembaca blog ini setelah setahun lebih tidak dibuka.
Well, pertama saya ucapkan terima kasih untuk koneksi gratis kost baru saya dan kepusingan menjelang ujian proposal tesis saya besok sehingga membuat saya kembali menulis di sini.

Hmm....topik apa yang menarik hari ini? Biar kita mulai dari udara.

Belajar Menggambar

Ada satu beberapa benda yang selalu saya temui di Toko Buku Gramedia (Jln.Slamet Riyadi) yang tidak mungkin bisa saya beli.Benda benda tersebut adalah lukisan anak anak SD yang dipampang di tangga yang menuju lantai dua Gramedia tersebut.

Yup....
Hanya sebuah lukisan gambar anak anak SD.Apa menariknya??
Menarik karena samapi kapanpun saya tidak akan pernah bisa membuat gambar seperti itu.

Dan sangat kebetulan,ketika saya membersihkan kamar dan menemukan 'harta' saya ketika masih muda.hehe.
Benda tersebut adalah pensil warna dan cat air.
Dengan membeli sebuah buku gambar 20 x30 cm saya siap belajar menggambar!!!!!




Menurut info yang saya dapet dari Wikipedia, Menggambar adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Dan menurut saya, Menggambar adalah hal yang mustahil untuk saya lakukan.Entahlah mungkin tangan saya tidak mempuny…