Tuesday, November 20, 2012

Lupa Adalah Anugerah

Sumber Gambar : http://goo.gl/9UD4t

Pernah mendengar kata "lupa" ? Pernah dong. Kata "lupa" sangat populer di kehidupan sehari-hari manusia. Mulai dari lupa kunci, lupa password, lupa masuk, lupa absen, lupa melakukan ini, lupa tidak melakukan itu, lupa ke sana, lupa ke sini, sampai lupakan mantan juga ada. Silahkan mengetikan kata kunci (keyword) "lupa" di mesin pencari Google. Yang terpenting adalah jangan sampai lupa siapa diri sendiri dan jati diri sendiri :-)

Pengertian lupa menurut kamus Bahasa Indonesia adalah lepas dari ingatan ; tidak dalam pikiran. Lupa adalah keadaan di mana manusia tidak dapat mengingat informasi yang telah diterima (baik yang baru diterima maupun telah diterima pada masa lampau) dan disimpan oleh memori otak. Banyak sekali orang yang menyamakan cara kerja otak manusia dengan cara kerja prosesor dalam komputer. Padahal kenyataannya tentu saja otak manusia jauh lebih rumit dari komputer dan otak manusia mampu menyimpan informasi jauh lebih banyak dari hardisk apapun. Bedanya adalah ketika kita memakai komputer, kita dapat dengan mudah menata dan memilah file-file dengan progam komputer yang ada. Sedangkan, meskipun kepala dan otak adalah milik kita sendiri, belum tentu setiap manusia mampu menata dan memilah informasi mana yang diprioritaskan dari yang lain agar tidak berantakan.

Lalu bagaimana proses terjadinya lupa?
Hmm... Berhubung saya sendiri kurang mengerti dan memang tidak mempelajari, tapi di sini saya akan coba sok tahu sedikit. Banyaknya informasi yang diterima manusia setiap detiknya seumur hidupnya ( bahkan mimpi saja kita masih sering ingat-ingat), tidak diimbangi dengan kemampuan mengontrol informasi yang didapat di otak. 

Kebetulan saya adalah penggemar novel Sherlock Holmes. Di sana dijelaskan untuk beberapa hal seperti kejahatan, ilmu medis, dan banyak ilmu lain yang mendukung Sherlock Holmes memecahkan suatu kasus kejahatan, Holmes sangat menguasai dan mengingatnya. Sedangkan untuk hal-hal yang dia rasa tidak perlu diingat, dia tidak pernah ingin tahu sehingga dia tidak perlu merasa lupa dan hanya informasi yang dia butuhkan yang dia ingat.

Well,tentu saja itu semua cuma fiksi. Manusia modern yang hidup di dunia sosial yang makin banyak perubahan dan perkembangan akan menambah beban otak untuk mengingat. Tidak mengherankan bila akhirnya sering terjadi lupa. Anggap saja informasi yang dilupakan itu hidden file di komputer.

Tulisan ini ada karena kemarin saya menemukan lagu MLTR ( Michael Learns To Rock) yang I'm Gonna Be Around yang nyelip di komputer saya. Sekedar informasi saja, saya kurang suka MLTR dan menemukan fakta bahwa saya pernah memposting lagu tersebut di blog saya merupakan suatu hal yang WOW! Well, saya sudah lupa dan bersyukur lupa. Apapun alasannya dan untuk apapun, saya pikir manusia memang membutuhkan lupa karena otak manusia memang tidak terbatas tapi kemampuan manusia terbatas :-)

Salam,
~BikDei~

3 comments:

Thanks for your comment