Skip to main content

K.A.R.M.A

Tulisan kali ini dibuat singkat dan tanpa gambar karena saya bingung gambar apa yang bisa mewakili 'posting' kali ini secara general. Yang pasti tema kali ini cukup mengusik pikiran saya seminggu ini.
Kalian pasti pernah atau bahkan sering mendengar 'karma'. Kalau saya boleh mengartikan karma dengan bahasa saya sendiri, karma adalah suatu keadaan yang merupakan balasan atas perbuatan tiap manusia. Balasan ini bisa negatif dan positif. Akan tetapi, sebutan karma lebih sering untuk hal yang bersifat negatif.
Sebagai contoh, sering kali ketika kita atau orang di sekitar kita ketika mengalami suatu hal buruk lalu berkata, "semoga dia/mereka memperoleh karmanya nanti " atau, " Tuhan tidak tidur, dia/mereka pasti akan memperoleh karmanya nanti".
Dari sedikit celetuk yang sering saya dengar atau mungkin saya sendiri pernah berkata demikian, dapat saya ambil hipotesa kecil mengenai karma, yaitu :
1. Karma adalah balasan atas perbuatan kita.
2. Karma itu pasti, datangnya kapan yang belum pasti.
3. Karma datangnya dari Tuhan.
Saya ingin bertanya, ketika kamu berkata, "semoga dia/mereka mendapat karmanya" apakah kamu juga bersamaan berfikir bahwa keadaan yang kamu alami sekarang adalah karma atas perbuatanmu dulu? :)
Anggap saja kamu tidak akan pernah bisa melihat sisi mata uang logam secara bersamaan, tapi kamu kan bisa melihat mata uang logam dari sisi diameternya. Tidak terlihat semua namun kamu bisa menarik kesamaan dan dua sisi sekaligus.
Anggap juga kamu berdiri 2 meter dari sebuah pintu. Ketika memandang pintu, kamu akan melihat sisi daun pintu yang mengerucut kecil ke dalam? Tapi ketika kami berdiri tepat di bawah pintu, sisi dalam dan luarnya sama kan? :)
Semoga bisa memberi sedikit renungan mengenai sudut pandang atau 'point of view'
Salam,
-BikDei-

Comments

  1. Yak saya bingung :/
    Jadi semua orang pasti mengalami karma gitu kah?

    ReplyDelete

Post a Comment

Thanks for your comment

Popular posts from this blog

Budaya Ngopi di Gresik

Berbeda dengan kebiasaan masyarakat Jawa Tengah dan Jogjakarta yang lebih gemar ngeteh di wedangan, masyakakat Jawa Timur lebih dikenal dengan kebiasaannya ngopi sembari nyangkruk atau nongkrong di warung kopi.

Pentingnya Identitas Diri

Surabaya, 1 November 2015

Selamat malam pembaca . Btw, masih adakah pembaca blog ini setelah setahun lebih tidak dibuka.
Well, pertama saya ucapkan terima kasih untuk koneksi gratis kost baru saya dan kepusingan menjelang ujian proposal tesis saya besok sehingga membuat saya kembali menulis di sini.

Hmm....topik apa yang menarik hari ini? Biar kita mulai dari udara.

Belajar Menggambar

Ada satu beberapa benda yang selalu saya temui di Toko Buku Gramedia (Jln.Slamet Riyadi) yang tidak mungkin bisa saya beli.Benda benda tersebut adalah lukisan anak anak SD yang dipampang di tangga yang menuju lantai dua Gramedia tersebut.

Yup....
Hanya sebuah lukisan gambar anak anak SD.Apa menariknya??
Menarik karena samapi kapanpun saya tidak akan pernah bisa membuat gambar seperti itu.

Dan sangat kebetulan,ketika saya membersihkan kamar dan menemukan 'harta' saya ketika masih muda.hehe.
Benda tersebut adalah pensil warna dan cat air.
Dengan membeli sebuah buku gambar 20 x30 cm saya siap belajar menggambar!!!!!




Menurut info yang saya dapet dari Wikipedia, Menggambar adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Dan menurut saya, Menggambar adalah hal yang mustahil untuk saya lakukan.Entahlah mungkin tangan saya tidak mempuny…